Sosialisasi Kantin Sehat Dengan Mengajak Pedagang Berjualan Di Lingkungan Sekolah


Pendidikan dan kesehatan selalu beriringan, jika siswa dan siswi tidak sehat tentu mereka tidak akan bisa hadir di sekolah dan tidak akan mendapatkan pelajaran yang baru. Siswa yang sakit tentu harus berdiam diri di rumah atau bahkan di rumah sakit.

Salah satu persoalannya adalah makanan yang dikonsumsi oleh para pelajar saat berada di lingkungan sekolah atau luar sekolah. Saat ini banyak jajanan anak sekolah yang sudah di ambang batas kesehatan seperti penggunaan pewarna buatan yang tidak sesuai dengan kesehatan, pemanis buatan bahkan hingga pengawet makanan yang bukan semestinya.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan H. Soim Muhadir, M.Pd mengajak para pedangan yang biasa mangkal di depan sekolah dengan dagangannya yang banyak terkena debu kendaraan untuk pindah ke dalam lingkungan sekolah setelah di fasilitasi oleh pihak koperasi.

Mereka sudah disiapkan sebanyak 7 unit kantin permanen dan beberapa kantin tidak permanen untuk para pedagang yang ada di depan sekolah. Rencananya Hari Senin tanggal 25 Januari 2016, semua pedagang tidak boleh lagi berjualanan di pinggir jalan sekolah dan masuk ke dalam sekolah.

Pintu gerbang yang selama ini dibuka pun akan tetap terkunci sehingga semua siswa jajan di dalam lingkungan sekolah. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan Kepala Sekolah mengundang petugas dari Dinas Kesehatan untuk memberikan penjelasan tentang makanan higienis dan sehat.

Para pedagang diberi materi oleh Dinas Kesehatan tentang bagaimana cara membuat makanan dan minuman yang sehat serta penyajiannya sehingga aman di konsumsi oleh para siswa, guru dan mungkin juga dirinya sendiri.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini siswa dan siswi SMP Negeri 1 Gabuswetan akan terjamin kesehatannya dan tidak sering sakit sehingga bisa belajar dengan maksimal di SMP Negeri 1 Gabuswetan. 

Share Sosialisasi Kantin Sehat Dengan Mengajak Pedagang Berjualan Di Lingkungan Sekolah via