Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMP Negeri 1 Gabuswetan


Hari ini Jumat 23 September 2016 di SMP Negeri  1 Gabuswetan melakukan sosialisasi bahaya narkoba. Narkoba atau narkotika dan Obat-obatan berbahaya saat ini sudah banyak meracuni generasi muda kita. Narkoba kini tidak hanya dikonsumsi di perkotaan bahkan kini sudah masuk ke pedesaan. Penggunanya sudah bervariasi dari orang tua atau dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Bisa dibayangkan penjajahan saat ini bukan lagi menyerang menggunakan senjata atau peralatan perang melainkan cukup dengan mencekoki generasi mudanya dengan narkoba maka negara kita hancur diobok-obok dan dijajah secara ekonomi, politik, sosial budaya oleh bangsa lain.

Masalah narkoba ini menjadi perhatian khusus di sekolah kami. Karena akibatnya sangat berbahaya untuk generasi yang akan datang. Oleh sebab itu kepala sekolah bersama komite sekolah bekerjasama dengan aparat kepolisian, dan dinas kesehatan setempat mengadakan penyuluhan tentang bahaya narkoba.

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan rutin di sekolah kami yakni GLS (Gerakan Literasi Sekolah), shalat dhuha, mengaji  Al Quran, dan menghafal 2 kata bahasa Inggris setiap hari. (Jumat 23 September 2016).

Narkoba di kota dengan desa tentu berbeda, menurut aparat kepolisian jenis narkoba yang sering digunakan di desa-desa adalah jenis obat-obatanya yang sebenarnya dijual bebas sehingga tidak dilarang oleh aparat kepolisian tetapi karena penggunaannya secara berlebihan maka akibatnya bisa tidak sadarkan diri bahkan hingga berakibat kematian.

Beberapa obat-obatan yang sering dikonsumsi para remaja dan anak-anak untuk fly seperti komix, tramadol, dextro, napacin, dan sejenisnya. Obat-obatan tersebut tidak mungkin diberangus oleh aparat kepolisian karena merupakan obat bebas.

Selain obat-obatan masih banyak ditemukan minuman keras dengan kadar alkohol yang tinggi yang beredar di masyarakat walaupun sebenarnya sudah ada perda tentang larangan penjualan minuman keras.

Oleh sebab pihak sekolah menggandeng dinas kesehatan untuk menjelaskan bahaya narkoba kepada para pelajar. Dengan cara ini diharapkan mereka mengetahui bahaya narkoba bagi kesehatan agar tidak mengkonsumsi atau bahkan mendekatinya. Berikut ini 10 bahaya narkoba bagi kesehatan :

1. Merusak sistem pernapasan

2. Merusak sistem peredaran darah

4. Menyebabkan disfungsi hati

5. Merusak sistem imun dalam tubuh

6. Gangguan pada kulit

7. Gangguan sistem reproduksi

8. Perubahan fungsi otak

9. Merusak mental

10. Rasa paranoid yang berlebihan

Mudah-mudahan dengan sosialisasi bahaya narkoba ini dapat menekan penggunaan narkoba di kalangan pelajar. 

Share Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMP Negeri 1 Gabuswetan via