Penilai Kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan Berjalan Lancar


Hari ini Selasa tanggal 15 September 2015 SMP Negeri 1 Gabuswetan mendapat giliran sebagai sekolah yang dinilai oleh Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu yang pada kesempatan ini diwakili oleh Bapak H. Kamali, SH. M.Pd dan Drs. H. Soleh, M.Pd. 

Tim penilai kinerja kepala sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan disambut oleh Kepala sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan Bapak H. Soim Muhadir, M.Pd dengan tarian adat dari siswa dan siswi SMP Negeri 1 Gabuswetan dan anggota ekstrakurikuler yang ada di SMP Negeri 1 Gabuswetan seperti Pramuka, PMR, PKS dan Paskibra. 



Setelah disambut oleh Kepala Sekolah SMPN Negeri 1 Gabuswetan, tim penilai disambut oleh guru-guru dan staf tata usaha SMP Negeri 1 Gabuswetan. Lalu istirahat sebentar di ruang kepala sekolah. Setelah itu tim penilai dan kepala sekolah masuk ke ruang guru untuk memberikan arahan dan penjelasan kepada guru-guru dan staf TU SMP Negeri 1 Gabuswetan. 

Selepas memberikan penjelasan kepada guru-guru dan staf TU, tim penilai masuk ke ruangan kepala sekolah untuk menilai kelengkapan administrasi guru dan staf tata usaha sebagai dasar penilai untuk kepala sekolah yang sedang bertugas. 

Uniknya semua tim penilai adalah mantan kepala sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan yang selama bertahun-tahun mendedikasikan dirinya kepada sekolah ini. Beberapa koordinator dari kegiatan sudah mengenalnya dengan baik. Sehingga pertanyaan dijawab lugas oleh koordinator penilaian masing-masing. 

Pada kesempatan ini koordinator tim penilaian kinerja kepala sekolah terdiri dari Bapak Sarifudin, Hermaedi, Wahyudianto, Agus, Sugiharto, dan Didno semuanya bisa menunjukkan bukti-bukti fisik dari semua yang pertanyaan yang sudah disiapkan oleh tim Penilai. 

Setelah selesai penilaian di ruang kepala sekolah, tim penilai langsung memasuki salah satu kelas dan menanyakan secara langsung kepada pelajar. Dari interview tersebut di dapatkan informasi siapa-siapa saja guru paling rajin, guru favorit di SMP Negeri 1 Gabuswetan. 

Selain itu tim penilai langsung mewawancarai beberapa guru mata pelajar tentang kelengkapan administrasi dari RPP, daftar hadir, daftar nilai dan analisis soal.  Guru juga diminta untuk menjelaskan cara mengajar di kelas kepada tim penilai. 

Pada sesi akhir tim penilai mengungkapkan penemuan-penemuan yang sudah tercapai dan belum tercapai untuk segera diperbaiki. Sementara yang sudah terlihat bagus untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan. Termasuk membacakan guru paling rajin dan guru terfavorit. Guru paling rajin diraih Bapak Agus, S.Pd dan Guru terfavorit adalah Bapak Sarifudin, S.Pd. 

Pada kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah ada kejadian langka dimana ada 3 mantan kepala sekolah datang berkunjung ke SMP Negeri 1 Gabuswetan, 2 mantan kepala sekolah yakni Bapak H. Kamali, SH. M.Pd dan Bapak Drs. H. Soleh, M.Pd berkunjung sebagai tim penilai dan Bapak Suyono, S.Pd sebagai tamu yang berkunjung ke kepala sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan.   

Share Penilai Kinerja Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Gabuswetan Berjalan Lancar via